Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

11/18/2009

KELUARGA KUPU KUPU

Disadur dari Pustaka dasar Gramedia, Jakarta 1980

KUPU-KUPU

Kupu-kupu dan ngengat termasuk serangga yang sama. Kupu-kupu hidup terbang di siang hari dan ngengat terbang di malam hari.

Kalau hari panas, kupu-kupu berlindung diantara pepohonan. Sayap mereka ditangkupkan keatas saat mereka beristirahat.

Ngengat terbang dimalam hari. Mereka terbang menuju tempat terang untuk mencari makan. Saat beristirahat sayap mereka di lipat kebelakang.

Hidup ngengat dan kupu-kupu dimulai dari sebutir telur yang sangat kecil. Telur kupu-kupu umumnya di letakkan di ujung daun yang aman. Telur itu kemudian berkembang menjadi ulat yang sangat kecil dan memakan daun tersebut sampai menjadi cukup besar untuk menjadi kepompong.



Didalam kepompong, ulat berubah menjadi kupu-kupu. Sayap kupu itu masih basah. Mereka bertengger di kulit kepompong dan menunggu sampai sayap kering dan terbang. Kupu-kupu hanya hidup beberapa minggu saja. Mereka mencari pasangan agar dapat bertelur. Kupu-kupu akan mati apabila sudah bertelur.




Macam-macam ulat.

Bermacam-macam ulat yang kita lihat berasal dari jenis kupu-kupu atau ngengat yang berbeda. Ada juga ngengat yang bertelur di antar pakaian usang.

Burung suka sekali makan ulat. Untuk melindungi diri dari burung ada ulat yang warnanya menyerupai cabang pohon, ada yang diam tidak bergerak untuk menipu burung. Ada juga ulat yang mempunyai warna yang mencolok. Ulat ini sangat tidak enak dan burung tidak suka memakannya. Ada juga ulat yang menakut-nakuti burung dengan menyemprotkan cairan asam. Ada ulat penggulung daun yang bersembunyi digulungan daun. Ada ulat yang mempunyai bercak mata, yang menyerupai ular sehingga burung takut memakannya.

Pada umumnya ulat ngengat dan kupu-kupu memakan daun, akan tetapi ada juga yangmemakan buah, kayu dan bersembunyi diantar kain. Mereka berkembang menjadi kepompong atau kokon saat sudah cukup waktunya. Dari luar, kokon itu nampak tidak terjadi apa-apa tetapi didalam kokon ulat berkembang menjadi ngengat.

Ulat sutra banyak di budidaya untuk menghasilkan kain sutra. Benang diambil dari kokon sutra yang tebal. Ulat sutra makan daun murbei. Benang tersebut kemudian dipintal untuk menjadi kain sutra yang halus dan indah.

Ngengat dan kupu-kupu menghisap madu dengan belalainya yang panjang. Banyak kupu-kupu mempunyai warna yang cerah terbang diantara bunga-bunga. Ini cara mereka melindungi diri mereka. Kadang ada yang berwarna seperti daun, dan saat mereka hinggap di ujung daun, sukar membedakan mereka dangan daun sungguhan.

Ngengat cina, meletakan telur mereka di dalam air. Terlur berkembang menjadi kepompong dan melekat pada batang tanaman air. Setelah keluar dari kepompong mereka merayap ke permukaan air dan terbang.

Kupu-kupu Belanda terbang melintasi lautan dari bagian dunia yang satu kebagian dunia yang lain. Ini disebut migrasi. Pada musim panas kupu ini hidup di Amerika Utara dan pada musim dingin terbang dan pindah ke Meksiko. Mereka beristirahat diantara pohon pinus. Pada musim semi, mereka kembali ke Utara. Mereka meletakkan telur-telur mereka di perjalanan.


Beberapa kupu-kupu tahan udara dingin. Kupu Apollo hidup di pengunungan Himalaya dan di Arktika yang dingin.


Beberapa ngengat selain ukuran yang kecil mempunyai warna yang khas. Ada ngengat lumut yang menyerupai lumut, ada ngengat yang hitam dan sangat sukar membedakannya dengan cabang pohon.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda