Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

9/16/2009

REPTIL atau REPTILIA

Disadur dari Pustaka Dasar, Gramedia 1979

Ular dan kadal termasuk reptil yang sangat umum. Mereka mudah kita jumpai. Disebut reptil karena seluruh badannya bersisik. Biasanya reptil hidup daerah beriklim panas, dan sisik yang dimilikinya berguna untuk melindungi tubuhnya dari terik sinar matahari.

Kulit reptil tidak tumbuh melekat di badannya. Jika reptil sudah besar, kulit itu akan mengelupas dan diganti dengan kulit baru.

KADAL, CICAK dan KOMODO

Kadal mempunyai empat kaki, akan tetapi ada juga kadal yang tidak berkaki. Kadal mempunyai telinga, pendengarannya baik sekali, akan tetapi ular tidak. Jenis kadal lain yang sering kita jumpai di rumah kita yaitu cecak, cicak ini bisa naik turun tembok dengan mudah dan cepat, karena selaput perekat yang ada di bawah telapak kakinya yang bisa digunakan untuk naik turun tembok. Cicak memakan serangga, seperti nyamuk.

Beberapa jenis kadal ada yang berbisa seperti gambar dibawah ini. Ini Adalah Gila Monster, mempunyai kulit yang sangat cerah dan bagus.

Jenis kadal yang sering kita jumpai adalah bunglon, hewan ini mempunyai cirri khusus yaitu bisa merubah warna tubuhnya sama seperti keadaan sekelilingnya. Dengan demikian mangsanya tidak menyadari kehadirannya.


KOMODO

Sebagai salah satu spesies purba yang masih dapat kita jumpai hingga sekarang, Komodo adalah juga sejenis kadal, ukurannya sangat besar, mempunyai panjang hampir 2 meter. Komodo termasuk pemakang daging, makanannya hewan-hewan yang lebih kecil seperti ayam, kelinci, kambing, dll.

Dalam air liur komodo, terdapat beribu-ribu jenis bakteri yang berfungsi untuk mencerna makanan. Mangsa yang di telan akan hancur karena terkena bakteri tersebut.

ULAR

Ular dan kadal mempunyai lidah yang bercabang, akan tetapi cicak tidak. Semua jenis reptil; kadal, ular, buaya, cicak bertelur. Ular laut hidup di laut, tetapi ada jenis ular lain yang lebih suka didalam air seperti anaconda. Anaconda adalah ular yang paling besar dan paling berat.

Ular termasuk binatang berdarah dingin. Badannya dingin dimalam hari. Sehingga dia sering mencari tempat untuk menghangatkan badannya. Ular memangsa hewan kecil lain, seperti katak, tikus, kelinci dll. Meeka menggunakan bisa untuk melumpuhkan mangsanya. Bisa ular sering digunakan manusia untuk obat.

Ular bisa menelan mangsa yang lebih besar dari dirinya, karena mempunyai rahang yang bisa terbuka lebar.


BUAYA dan ALIGATOR

Buaya yang sering kita jumpai juga adalah reptil. Reptil besar ini banyak terdapat disekitar sungai, jarang sekali yang hidup dekat laut. Buaya mempunyai tubuh yang besar, kulitnya keras dan bersisik. Buaya suka merangkak di tepi sungai, untuk mencari mangsanya yaitu hewan-hewan kecil, seperti kelinci, ayam dll. Kadang-kadang buaya turun ke sungai untuk minum.

Buaya yang besar di sebut aligator, mereka membuat sarang dari daun-daunan. Di dalam sarang itulah ia bertelur. Untuk membuat telur-telur itu hangat, induk buaya menutupi telurnya dengan daun-daunan, setelah telur menetas, induk buaya membuka tutup sarang tadi.
PENYU DAN KURA-KURA SI REPTIL YANG LAMBAN

Penyu juga sejenis reptil, binatang ini banyak terdapat di laut yang beriklim panas. Badannya di tutup dengan perisai yang melindungi tubuhnya. Orang suka berburu penyu untuk di ambil perisainya untuk dijadikan hiasan.

Penyu berkembang biak dengan bertelur, jika mau bertelur, penyu akan keluar dari laut, menuju pesisir pantai. Penyu akan mencari tempat yang tepat untuk meletakkan telur-telur mereka yang berjumlah ratusan butir. Biasanya induk penyu menggali lubang dimalam hari, dan meletakkan telur mereka kemudian menguburnya lagi dengan pasir. Telur-telur itu menetas karena ditutup dengan pasir yang hangat akibat sengatan matahari.

Apabila anak-anak penyu menetas, mereka akan langsung berjalan menuju laut. Penyu meninggalkan jejak yang sangat indah di sepanjang pantai menuju laut. Seperti gambar disamping ini.
Daging penyu enak, banyak dikonsumsi manusia. Sekarang penyu hampir punah karena telurnya banyak di ambil orang, Kita harus ikut melestarikan penyu sebagai salah satu hewan yang dilindungi.

KURA-KURA DAN MATA-MATA

Kura-kura adalah sejenis penyu yang hidup di darat. Hewan ini jauh lebih kecil dari penyu. Tetapi ada kura-kura raksasa yang berukuran sangat besar. Kura-kura berjalan sangat lambat karena perisai yang berat. Apabila dia terkejut atau takut, kura-kura akan memasukkan kepalanya kedalam perisainya, bersembunyi.

Ada jenis kura-kura lain yang hidup di air yaitu disebut Mata-mata. Dia mempunyai leher panjang yang dijulurkan ketika akan menangkap mangsanya.

Kura-kura terbesar terdapat di kepulauan Galapagos.

1 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda