Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

7/13/2009

DANAU DAN BENDUNGAN

Disadur dari Pustaka Dasar, Gramedia 1980
Danau terbentuk jika air mengisi lubang besar dalam tanah. Ada lubang yang terbentuk oleh lapisan-lapisan es pada jaman dulu. Es mengeruk tanah sehingga terjadilah lubang yang dalam. Di tempat lain tanah patah atau melengkung. Lubang yang diakibatkannya kemudian terisi air.

Kadang-kadang tanah atau lava dari gunung api membendung sungai. Air sungai itu tidak dapat terus mengalir dan lama kelamaan menjadi danau. Ada juga danau yang terjadi karena kawah gunung yang sudah padam yang terisi air hujan.

Di daerah yang kering tidak banyak terdapat air hujan. Tanaman sukar tumbuh didaerah semacam itu. Sekali-sekali hujan turun sangat lebat. Akibatnya selama dua-tiga hari disana-sini terdapat danau-danau kecil yang dangkal.

Sesudah musim penghujan biji-bijian di dalam tanah tumbuh menyembul keluar. Dan memperoleh sedikit air sehingga tidak subur.

Danau umumnya berisi air tawar. Namun ada juga danau yang terisi air garam. Laut Mati termasuk danau yang terisi air garam. Disebut Laut Mati karena airnya mengandung garam terlalu banyak, sehingga tidak ada hewan yang bisa hidup didalamnya.

Ini adalah gambar yang menunjukkan siklus peredaran air danau. Panas matahari menyebabkan air laut menguap. Uap air itu dibawa oleh angin yang bertiup. Sesudah mencapai tempat yang tinggi, uap air itu menjadi dingin dan berubah menjadi titik-titik air. Titik-titik air itu berkumpul menjadi awan. Dan awan itu kemudian jatuh sebagai hujan, yang ditampung kembali oleh danau.


Dasar danau berlumpur dan gelap. Hanya sedikit tumbuhan dan hewan yang bisa hidup didalamnya. Hewan dan tumbuhan umumnya hidup di
dekat permukaan. Ikan memakan searanggga dan tumbuhan yang hidup di dekat permukaan danau.

Tanaman yang tumbuh disekitar danau umumnya mempunyai batang yang tipis dan tidak mudah patah karena mengandung banyak air.

Ditempat-tempat tertentu tanaman air tumbuh liar dan berkembang biak dengan sangat cepat. Tanaman seperti itu dapat sangat menggangu.
Beberapa macam ikan hidup di danau air tawar. Ikan-ikan itu kebanyakan enak dimakan. Beberapa jenis ikan dibawah ini mungkin sudah kalian kenal.

Kehidupan sekitar danau juga menarik burung-burung untuk mencari makan. Ada beberapa jenis burung seperti pekakak, bangau, puyuh rawa dan lain-lain. Burung bangau mempunyai kaki yang panjang agar dapat mencari ikan didalam danau yang umumnya dangkal. Burung ini siap mematuk katak dan ikan dengan paruhnya yan
g panjang dan runcing. Ada juga bebek dan angsa yang mencari cacing dengan berenang hilir mudik disek
itar danau.

Kehidupan lain di air adalah kolam. Kolam sebenarnya adalah danau kecil. Didalam kolam terdapat berbagai kehidupan. Telur-telur serangga, hidup didalam kolam, menjadi larva mengendap di lumpur kolam, lama-kelamaan tumbuh sayapnya, terus terbang, dan meninggalkan kolam. Serangga-serangga kecil itu seperti nyamuk, capung, ngengat dll.

Kadal air dan kodok juga bertelur didalam air. Telur kodok banyak sekali. Terbungkus dengan selaput tipis. Telur itu kemudian menetas menjadi berudu. Berudu memakan tumbuhan air. Larva kumbang yang ada didalam air juga memakan berudu. Berudu berkembang menjadi katak kecil berekor, setelah itu ekor hilang dan menjadi katak kecil.

Danau juga berguna untuk keperluan lain. Untuk mengairi sawah-sawah, untuk berolah raga dll. Ini adalah gambar pengairan, air dialirkan dari waduk atau danau ke sawah-sawah yang kurang mendapat hujan. Dengan demikian tanaman bisa tumbuh karena cukup air. Ada juga olah raga yang menggunakan danau sebagai sarana, seperti memancing, perahu motor dan ski air.

Danau besar ini ada di Amerika, karena luasnya, kapal-kapal besar dapat berlayar melewati danau membawa muatan dari satu pulau atau tempat yang lain. Kadang kala hewan yang besar juga bisa diangkut dengan menggunakan rakit melewati danau ini.

Hanya danau yang bersih yang dapat di huni oleh ikan dan tanaman air. Bakteri yang hidup dalam danau membantu menyediakanmakanan bagi ikan atau hewan lain didalam danau. Danau yang kotor dan penuh polusi menyebabkan ikan dan habitat lain mati, karena bakteri tidak dapat tumbuh disitu. Biasanya polusi disebabkan oleh sampah, tumpahan minyak, atau sebab kimia yang lainnya.

Danau dan bendungan merupakan kenampakan alam yang harus kita jaga kelestariannya agar manfaatnya bisa kita dapatkan sebesar-besarnya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda