Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

6/03/2009

KELELAWAR, MAMALIA TERBANG

Di sadur dari Rahasia Dunia Binatang, PT Elex Media Computindo, 1996

Ada 4,000 spesies mamalia di seluruh dunia, 1,000 diantaranya kelelawar.

Kelelawar adalah satu-satunya mamalia yang bisa terbang. Disebut hewan beradar karna telinganya yang sangat tajam. Bermacam-macam kelelawar, bisa digolongkan berdasarkan makanannya. Ada kelelawar buah, ada kelelawar bunga, ada kelelawar insektivora yang makanannya adalah hewan-hewan kecil seperti tikus dan burung.



Ada juga kelelawar vampire yang biasa menghisap darah ternak.

Kelelawar vampir mendatangi ternak yang sedang tidur dimalam hari. Dia menghisap darah ternak tersebut melalui luka kecil di tempat yang sama, setiap malam. Kadangkala ternak tersebut tidak menyadari adanya kelelawar yang menghisap kaki-kaki mereka karena sedang tidur.

HABITAT KELELAWAR

Habitat kelelawar adalah di gua, batu-batu karang, pohon-pohonan, dan dialam terbuka. Kelelawar mencari makan di waktu malam, dan tidur bergelantung terbalik di waktu siang.

Meskipun kelelawar mempunyai penglihatan yang cukup baik, mereka lebih mengandalkan penderangan. Telinga kelelawar dapat mendengar bunyi yang berfrekuensi tinggi, yang tidak bisa didengar oleh manusia.

TELINGA SEPERTI RADAR

Kelelawar mengeluarkan bunyi seperti gelombang suara seperti radar. Jika gelombang itu menabrak sesuatu, maka akan memantul kembali, sehingga mereka bisa mendeteksi bahwa ada benda disekitar mereka. Dengan demikian mereka mendeteksi keberadaan mangsa mereka.

Sayap mereka kuat tetapi tidak berbulu seperti burung. Oleh karena itu sayap mereka rentan dehidrasi. Kelelawar mempunyai dua jenis sayap. Sayap lebar, dan sayap kecil

Sayap lebar digunakan untuk terbang di tempat tertutup seperti gua, dan diantara pohon lebat, untuk kelelawar yang hidup ditempat tertutup. Dan sayap kecil digunakan untuk terbang dialam terbuka yang tanpa rintangan.


KANAK-KANAK KELELAWAR

Kelelawar hanya mempunyai anak satu dalam setahun. Akan tetapi mereka mengumpulkan anak-anak mereka di tempat khusus yang jumlahnya bisa mencapai 3,000 ekor. Semua anak-anak kelelawar bergantung terbalik. Induk mereka merawat dan menyusui anak mereka. Mereka mengeluarkan bunyi khusus. Induk kelelawar mengenali anaknya dari jarak jauh melalui tangisan yang khas, dan mengenal bau anak mereka dari jarak dekat.

Setiap tahun induk mereka menggunakan tempat dan gua yang sama untuk membesarkan anak-anak mereka sampai mereka mandiri. Induk kelelawar sangat mencintai anak-anak mereka.

1 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda