Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

6/04/2009

CARA MAKAN GAJAH, LALAT, BURUNG, TRENGGILING, IKAN

Disadur dari Bagaimana Binatang Makan, Penebar Swadaya, 2004

Seperti halnya manusia, hewan juga memerlukan makan. Makanan ini akan dirubah menjadi tenaga, dan diperlukan untuk aktifitas melompat, berlari, bermain dll.

Macam-macam binatang memerlukan makanan sesuai dengan bentuk gigi dan kebutuhannya.

Hewan yang hanya makan tanaman dinamakan herbivora, hewan yang hanya makan daging atau hewan lain dinamakan carnivora, atau insektivora kalau hanya makan serangga. Hewan yang memakan daging dan tanaman disebut omnivora.


LALAT

Lalat banyak terdapat disekitar kita. Makanannya adalah sisa-sisa makanan ataupun sesuatu yang berbau busuk dan menyengat. Lalat hanya dapat makan sesuatu yang cair. Apabila makanan tersebut kering, maka lalat akan mengeluarkan liurnya untuk membasahi makanan itu sebelum dihisapnya dengan lidahnya. Lalat tidak mempunyai gigi. rahang atas maupun rahang bawah tidak berfunsi. Lalat hidup bergerombol, atau kadang sendiri.


GAJAH

Gajah menggunakan belalainya yang panjang sebagai ganti lengannya untuk mengambil daun dari pohon dan kemudian memasukkannya ke dalam mulut. Apabila dia ingin makan buah dari pohon, belalainya mengguncang-guncang pohon tersebut, dan setelah buahnya jatuh, kemudian dimakannya.

Gajah adalah mamalia darat yang paling besar. Dia menghabiskan hampir seluruh harinya mencari dan mengunyah makanan. Dalam sehari gajah bisa menghabiskan kurang lebih 200 kg makanan.

BURUNG PIPIT

Burung pipit, adalah burung pemakan biji-bijian, seperti padi, dan biji buah lain. Oleh karena itu burung pipit mempunyai paruh yang kecil dan kuat. Ini berguna untuk memecah biji-bijian sebelum dimakan. Burung pipit mempunyai sayap yang berwana-warni. Besar tubuhnya kurang lebih 20 cm. Burung pipit dapat terbang dengan lincah, di pematang-pematang sawah yang banyak terdapat padi.



Trenggiling, adalah mamalia yang mempunyai sisik disekujur tubuhnya. Hewan ini mirip seperti komodo, dengan ukuran yang lebih kecil. Makanan trenggiling adalah semut, trenggiling menggunakan mulutnya yang seperti moncong meruncing bagian depan untuk mencari semut atau hewan kecil lain diantara bebatuan dan semak.



IKAN PEMANAH dan IKAN PIRANHA
Disebut ikan pemanah karena dia mencari makan dengan cara berenang dekat permukaan air. Badannya mempunyai sisik yang belang sehingga dapat mengelabuhi mangsanya. Ikan pemanah melumpuhkan mangsanya dengan cara emuntahkan air dari mulutnya ke arah mangsanya. Apabila mangsa itu kaget dan terjatuh, ikan tersebut dengan sigap menerkamnya. Mangsanya adalah serangga kecil, nyamuk, capung yang kebetulan berada di permukaan air.

Ikan piranha. Banyak terdapat di sungai Amazon. Ada 20 jenis ikan piranha. Sebagian besar adalah pemakan daging. Ikan piranha mempunyai gigi yang tajam dan runcing, biasanya menyerang mangsanya dengan berkelompok.

Piranha makan ikan lain yang lebih keci, tikus, burung dan serangga lain yang bisa didapati nya atau yang terjebak diair. Apabila dalam keadaan kenyang, ikan ini dapat hidup berdampingan dengan ikan lainnya.


TUPAI

Tupai, mempunyai gigi yang kuat. Binatang seperti kelinci ini makan buah kelapa. Tupai pandai memanjat dan melompat, dari pohon kelapa satu ke pohon kelapa yang lain. Tupai melobangi batok kelapa yang keras dengan gigi-giginya yang tajam. Mula-mula lobang itu kecil, lama-kelamaan lobang menjadi bertambah besar dan tupai kecil bisa dengan leluasa makan buah kelapa yang gurih dan lezat.

1 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda