Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

10/15/2009

POHON DAN HUTAN

Disadur dari Pustaka Dasar, Gramedia Jakarta 1978
HUTAN HETEROGEN DAN HOMOGEN

Pohon adalah tumbuhan paling besar di dunia. Tingginya bisa mencapai 30 meter.
Kumpulan pohon-pohon besar kita sebut hutan. Ada hutan yang terdiri dari beberapa macam pohon, yang kita sebut sebagai hutan heterogen, atau yang terdiri dari kumpulan pohon yang sama yang kita sebut hutan homogen.

Pohon banyak sekali manfaatnya. Dari pohon kita bisa mendapatkan kayu untuk keperluan perabot rumah seperti meja, kursi dan lemari. Dari pohon juga bisa kita dapatkan buahnya yang berguna untuk tubuh kita. Pohon menyediakan perlindungan dari terik sinar matahari, tapi yang paling penting adalah pohon menyaring udara agar tetap bersih, karena pohon berfotosintesis dan menghasilkan oksigen yang sangat di perlukan mahluk hidup, manusia dan hewan. Banyak hewan yang memmerlukan pohon seperti burung, bajing, monyet dan hewan lain yang suka tinggal di pohon.


POHON HIJAU - DAUNNYA TIDAK PERNAH RONTOK

Ada pohon yang daunnya tidak pernah rontoh, ini kita namakan POHON HIJAU sepanjang tahun. Dibawah ini adalah gambar beberapa jenis pohon hiau, seperti pohon pinus Skotlandia, Pisea Norwegia dan Sedrus Merah Barat. Pohon hijau umumnya mempunyai buah berbentuk contong, hidup di daerah pegunungan yang tinggi, daunnya mirip jarum-jarum kecil, dan kayunya lunak sekali. Oleh karena itu sering dimanfaatkan untuk membuat perabotan, dari kayu, gitar dan mainan anak-anak.

Ada juga pohon yang daunnya gugur dimusim gugur dan bertumbuh kembali dimusim semi. Pohon semacam itu biasanya mempunyai daun yang lebar. Pohon menggugurkan daunnya untuk mengurangi penguapan sehingga bisa menghemat air. Kayu dari pohon yang berganti daun umumnya lebih keras, sehingga bisa dibuat untuk perabotan yang lebih kuat seperti alat-alat pertukangan, tempat air dan peti kayu.

BAGIAN – BAGIAN POHON

Dahan dan daun tumbuh pada batang. Daun membuat makanan untuk pohon, mereka menyerap makananan dari akar dan menyerap zat-zat hara dari dalam tanah. Kayu yang ada di tengah-tengah batang pohon di sebut teras atau galih. Kulit di sekitar kayu disebut gubal. Kulit ini melindungi pohon dan akar pohon. Akar pohon bertugas membawa air dan zat hara ke atas untuk diserap pohon, dan akar juga mempunyai fungsi untuk menopang pohon agar tidak tumbang.

SERBUK SARI DAN PENYERBUKAN

Semua pohon berbunga, ada yang besar ada yang kecil sehingga hampir tidak kelihatan. Di musim semi, bunga-bunga mekar dan menghasilkan serbuk sari. Serbuk sari di bawa oleh angin dan serangga untuk dipindahkan ke pohon yang lain, sehingga terjadi penyerbukan, dengan cara itu pohon berkembang biak. Setelah penyerbukan akan tumbuh biji, dan kemudian menjadi buah. Pohon yang berbuah mempunyai biji di dalam buahnya seperti buah pir dan ceri. Ada juga buah kenari dan hasel, yang mempunyai kulit yang sangat keras. Buah sikamor dan mepel mempunyai sejenis sayap sehingga buah yang jatuh dari pohon bisa langsung diterbangkan angin.


LINGKARAN TAHUNAN

Setiap tahun batang pohon bertambah besar, dari musim gugur ke musim semi. Bisanya tumbuh lapisan baru di bawah kulit batang. Kalau kamu perhatikan tunggul sebuah pohon yang sudah ditebang seperti gambar dibawah ini, akan terlihat garis-garis hitam melingkar. Setiap lingkaran menandakan pertumbuhan yang terjadi selama satu tahun, dari jumlah lingkaran itu kita dapat menentukan berapa umur pohon tersebut.


MUSUH - MUSUH POHON
Sering terjadi penebangan pohon yang terus-menerus sehingga akan mengakibatkan kerusakan hutan. Jumlah pohon yang ditebang lebih banyak dari yang berhasil kita tanam kembali. Kerusakan hutan bisa berakibat sangat buruk, karena hewan dan tanaman lain yang ada di hutan itu akan mati dan musnah, kerusakan hutan kadang terjadi akibat kebarakan yang disebabkan kemarau panjang atau pembakaran hutan untuk perladangan dan perumahan. Kalau kerusakan sudah demikian parah, makan daerah sekitar hutan akan rusak dan mengakibatkan banjir.

Selain manusia, musuh pohon adalah ulat, kumbang dan berang-berang. Ulat pengerek suka makan kuncup dan pucuk daun, kumbang pengerek suka membuat lubang di pohon dan merusakkannya. Selain itu berang-berang suka sekali membuat rumah dari pohon-pohonan dan menggerogoti batang hingga pohon tumbang. Bajing dan kijang, suka sekali makan kulit pohon dan tunas-tunas muda. Akan tetapi musuh terbesar pohon adalah Manusia dan Api, karena bisa mengakibatkan kematian ratusan pohon dalam waktu sekejap.

Pohon bisa berumur puluhan dan ratusan tahun. Biasanya pohon yang sangat besar membutukan peralatan seperti Derek dan gergaji mesin untuk merobohkannya. Kita biasa mengangkut pohon-pohon besar dengan menggunakan traktor, trailer dan sungai untuk mengirim kayu-kayu gelondongan ke tempat tujuan.

Pohon membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh, puluhan bahkan ratusan tahun, akan tetapi membutuhkan waktu hanya beberapa menit untuk merusakkannya. Pohon mempunyai banyak sekali manfaat untuk manusia, hewan dan tanaman lainnya. Pohon yang kita tanam belum tentu bisa tumbuh sebesar pohon yang sudah kita tebang, oleh karena itu mari kita menjaga kelestarian pohon, hutan disekitar kita.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda