Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

10/16/2009

HEWAN LUNAK BERCANGKOK

Disadur dari Pustaka Dasar, Gramedia 1980

FOSIL HEWAN ZAMAN DAHULU

Hewan-hewan dibawah ini mula-mula hidup di laut. Tubunya lunak karena itu mereka mudah bergerak dan berkembang biak, pada perkembangannya hewan-hewan ini mempunyai cangkang untuk melindungi diri. Kita dapat mengetahui hewan-hewan ini sudah berumur berjuta-juta tahun dari cangkang yang kita temukan, yang sudah membatu, biasanya banyak terdapat di bebatuan, pada karang-karang. Hewan yang sudah membatu kita sebut fosil.

MOLUSCA
Semua hewan lunak dan bercangkok atau mempunyai cangkang digolong kan sebagai MOLUSKA. Moluska berarti bertubuh lunak, oleh karena itu Tuhan melengkapi tubuh mereka dengan cangkang atau cangkok untuk melindungi diri. Jenis lain misalnya keong, bercangkang tunggal ada yang bercangkang ganda seperti kerang.


CRUSTACEA
Jenis crustacean juga mempunyai cangkang yang mirip baju zirah atau baju besi. Kakinya beruas-ruas, dan mempunyai sapit untuk meremukkan makanannya. Banyak jenis ini yang hidup di laut seperti, teripang, kamamune, udang amfipot, kepiting batu.

HIDUP DIBEBATUAN

Ada hewan bercangkang lain yang hidup dibebatuan di pinggir pantai dan karang. Jika pasang surut hewan tersebut berjalan-jalan diatas pasir yang putih untuk mencari makanannya yaitu hewan-hewan kecil lainnya. Ada juga yang bersembunyi dibawah ganggang laut atau kolam kecil menunggu mangsa lewat. Kadang hewan-hewan ini membenamkan diri dalam pasir berlumpur.

SIPUT BERCANGKANG TUNGGAL

Keong atau siput juga termasuk moluska yang bercangkang tunggal dan melingkar. Mereka berjalan merambat dengan kakinya dan mengeluarkan lendir. Lidahnya panjang dan giginya kecil-kecil. Mereka membawa cangkang yang merupakan rumah mereka kemanapun mereka pergi. Jika keon diganggu, akan bersembunyi ke dalam cangkangnya. Ada juga siput laut yang kita sebut NAUTILUS. Cangkangnya terbagi atas kamar-kamar, hewannya sendiri hidup dikamar paling luar. Mereka dapat terapung karena kamar-kamar tersebut terisi gas yang tertutup rapat. Mereka mempunyai sungut yang kuat-sekali yang bisa bertaut pada batu pada waktu mereka memburu mangsanya yaitu ikan kecil dan kepiting.

BEKICOT – SI SIPUT DARAT BERKELAMIN GANDA

Keong lain yang pasti sudah kita kenal adalan bekicot. Banyak kita jumpai di lading dan pekarangan, melekat pada batang dan daun-daun. Bekicot hidup didaerah lembab kalau cuaca panas, dia bersembunyi didalam cangkangnya. Bekicot berjalan sangat pelan dan meninggalkan bekas berupa lendir. Ada dua antenna atau sungut yang dapat memanjang dan memendek. Pada ujung antenna ada sepasang mata kecil Antena ini digunakan sebagai alat penciuman. Beberapa bekicot tumbuh diair dan makan tumbuhan air. Telurnya di tempatkan di batang tumbuhan air dan dilindungi lendir.

Semua bekicot berkelamin dua. Ini adalah gambar dua bekicot yang saling memberikan benih jantan sesudah keduanya bertelur.

KERANG BERCANGKANG GANDA

Beberapa jenis moluska lain bercangkang ganda yang disebut bivalve, atau moluska bivalve. Cangkangnya bisa terbuka atau tertutup karena otot yang sangat kuat. Badan yang sangat lunak terdapat didalamnya. Jenis ini sering kita lihat pada kerang-kerangan, tiram dan cocor bebek. Mereka makan dengan cara menghisap air kedalam cangkangnya dan hewan-hewan kecil seperti plankton dan hewan air kecil masuk kedalam cangkang.
Tambah Gambar
Ada jenis kerang pengerek yang bisa membuat lubang pada batu dan ting gal di dalamnya. Banyak yang hidup di sepanjang pantai yang berpasir atau berlumpur. Jika air surut mereka membenamkan diri dalam pasir dan membuat lubang kecil untuk jalan napas mereka.

KEPITING , IKAN SOTONG DAN UDANG BARONG


Di laut terdapat banyak macam kepiting, mereka termasuk hewan pemakan bangkai, seperti ikan. Mereka memakan sisa makanan dengan sapitnya. Beberapa jenis kepiting pandai berenang, mereka mempunyai kaki belakan yang lebar dan berbulu yang digunakan sebagai dayung untuk mendorong badannya didalam air. Ada kepiting yang mempunyai kaki yang panjang dan dapat di lipat, ini dinamakan kepiting labah-labah, jika di serang musuh, kepiting ini akan melindungi diri dengan melipat kakinya.

Beberapa jenis udang seperti udang barong dan lobster banyak di buru manusia untuk dimakan dagingnya. Udang barong besar, hidup dilaut. Mereka dapat berenang mundur dan mengepak-ngepakkan ekornya. Mangsa di tanngkap dengan sapit yang sangat besar. Jika badannya bertambah besar, dia memerlukan cangkang baru yang lebih besar. Biasnya untuk menunggu cangkang baru yang masih lunak dia bersembunyi dibebatuan untuk melindungi diri. Jika sapit barong patah, akan tumbuh sapit baru

Jenis moluska lain adalah cumi-cumi, dari ukuran kecil sampai ukuran raksasa. Cumi-cumi sama sekali tidak mempunyai cangkang untuk melindungi diri. Dia menyemprotkan tinta untuk melindungi diri ketika diserang musuh. Makanannya adalah ikan-ikan kecil yang ditangkap dengan kaki-kaki nya yang menjulur panjang.

Jenis cumi yang seperti ikan ialah ikan sotong. Ikan sotong mempunya cangkang di dalam badannya. Mereka membenamkan diri didasar laut untuk melindungi diri dan bisa merubah warna tubuh mereka sesuai dengan tempat sekitarnya.

KURA-KURA SI MOLUSKA RAKSASA
Kura-kura juga termasuk moluska raksasa. Cangkangnya berat sekali sehingga di darat mereka tidak bisa berjalan cepat. Kura-kura mempunyai kaki yang lebar seperti sirip untuk membantu berenang dilaut sehingga bisa berenang dengan cepat.
Kura-kura dapat mencapai umur seratus tahun. Mereka hidup dilaut dan hanya ke darat untuk meletakkan telur-telur mereke dengan membuat lubang dipasir.
Kura-kura bisa menghasilkan ratusan butir telur dalam sekali bertelur. Mereka membuat lubang di pasir putih untuk bertelur kemudian menguburnya kembali. Biasanya mereka bertelur dimalam hari. Telur-telur itu akan menetas karena panas terik matahari di siang hari. Setelah menetas anak-anak kura akan berlarian menuju laut dan berenang mengikuti arus laut. Kura-kura hidup dilaut dan mereka hanya ke darat untuk bertelur. Orang banyak memburu telur kura-kura dan dagingnya untuk dimakan, oleh karena itu sekarang jumlah kura-kura sedikit sekali karena banyak diburu manusia. Selain kura-kura keluarga besar lainnya adalah Penyu. Biasanya penyu berukurak jauh lebih besar dan yang paling besar terdapat di kepulauan Galapagos.

1 Komentar:

  • Pada 12:04:00 PM , Anonymous Anonim mengatakan...

    mantap..buku2 wktu sya sd dulu & sy senang membacanya kembali..

     

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda