Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

5/29/2009

HIU


Disadur dari 100 fakta tentang Hiu, Examedia Bandung 2008

Berjenis-jenis hiu hidup di lautan. Ada sekitar 330 jenis hiu yang hidup dilautan. Sebagian dari mereka bertelur dan sebagian melahirkan.

Hiu adalah perenang yang handal, mereka mempunyai mata bulat, kecil dan sangat tajam, sebagian malah bisa berpendar dikegelapan lautan. Penciuman mereka sangat tajam, dan ekor mereka kuat untuk dapat berenang dan mengejar mangsanya. Hiu dapat mencapai berat sampai dengan 12 ton. Diantaranya Hiu Tiger, Hiu Geger Lintang (Hiu Paus), Hiu Martil, Hiu Mulut Raksasa, dan Hiu yang sangat terkenal adalah Hiu Putih Raksasa.

Semua hiu adalah carnivora atau pemakan daging. Sebagian memakan bangkai atau binatang yang sedang sekarat. Mereka memenuhi lautan. Mereka berenang sangat cepat sampai 55 km/jam.

Hiu adalah predator dan pemburu yang handal, mereka mengejar mangsanya dan menerkamnya dengan gigi-giginya yang tajam dan runcing.

Hiu Tiger, adalah pemakan segala, kadang-kadang mereka menelan benda-benda kelas seperti kaleng dan sepatu dan kemudian memuntahkannya.

Kebanyakan hiu berenang dan berburu mangsanya sendiri, akan tetapi Hiu Kelapa Martil berburu berkelompok. Hiu ini merupakan predator besar, dan dapat mencapai panjang 6 meter.

Hiu lain yang terkenal adalah Hiu Paus, atau hiu Geger Lintang. Makanannya adalah hewan-hewan kecil, seperti ikan kecil, anak-anak cumi. Dengan mulutnya yang besar, seperti halnya paus hiu ini menyaring semua makanan yang masuk mulutnya. Hiu ini dapat berdiam diri tanpa makan, dan bergerak selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Hal ini dilakukan untuk menghemat tenaga apabila tidak menemukan makanan.

Hiu Paus bisa mencapai panjang 12 meter atau sepanjang 3 mobil, dengan berat kurang lebih 12 ton.

Hiu lainnya adalah Hiu Putih Raksasa yang menakutkan. Hiu ini sangat ganas , dan banyak menyerang manusia. Hiu raksasa hidup dihampir penjuru dunia, terutama di lautan yang hangat. Mempunyai gigi yang runcing dan panjang kurang lebih 6 centimeter. Hiu putih tidak segera menerkam mangsanya. Mereka membiarkan mangsanya kehabisan darah, untuk kemudian memakannya setelah mangsanya lemah.

Ikan hiu pandai membaur dengan lingkungan disekitarnya. Ini disebut kamoflase. IkanHiu Kodok, memiliki badan yang tidak rata dan benjolan rumbai, seperti bebatuan dan rumput laut. Ikan ini bersembunyi diantara bebatuan dan rumput laut untuk menunggu mangsanya.

HIU LEBIH TUA DARI DINOSAURUS

Hiu pertama hidup lebih dari 350 juta tahun yang lalu. Sementara Dinosaurus hidup 230 juta tahun yang lalu. Namun dengan adanya perubahan iklim dinosaurus punah 65 juta tahun kemudian, dan hiu sanggup bertahan hidup. Hiu-hiu ini mnguasai lautan 2 kali lebih lama dari pada Dinosaurus.

IKAN PARI KERABAT HIU

Kerabat dekat hiu adalah ikan pari. Ikan ini memiliki rangka yang terbuat dari tulang rawan.

Ikat gergaji mempunyai moncong yang panjang seperti hiu, akan tetapi sebenarnya dia adalah kerabat ikan pari. Ikan ini memiliki insang dibawah tubuhnya, bukan hanya disamping.

Hiu bisa menemukan masalah-masalah di samudra. Terkadang hiu menghilang dari suatu perairan tanpa alasan yang jelas. Ini bisa terjadi apabila ada bahaya kimia, keadaan alam, atau polusi diwilayah hidupnya.

Sekarang kita dapat melihat hiu dari dekat, dan perilakunya melalui akuarium raksasa. Kita dapat mempelajari dan menemukan hiu bahwa hiu adalah binatang yang kuat dan cantik.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda