Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

6/02/2009

TUMBUHAN SEKITAR KITA

Beribu-ribu jenis tumbuhan tumbuh di sekitar kita. Tumbuhan itu ada yang dibudidayakan atau ditaman untuk maksud tertentu, ada pula yang tumbuh dengan liar, seperti bambu, bunga-bunga di ladang, dan pepohonan.

BURUNG, BUNGA dan KUPU-KUPU

Adanya burung di suatu tempat merupakan pertanda bahwa habitat itu masih baik. Karena adanya burung berarti ada serangga, dan ada serangga berarti ada tanaman yang menghasilkan makanan bagi serangga, dan tanaman berarti sumber dari kehidupan karena pasti ada air dibawahnya.

Bunga yang tumbuh liar atau yang ditanam di pekarangan, mempunyai banyak kegunaan. Ada yang untuk hiasan, ada juga yang dipakai untuk obat. Bermacam-macam kupu hinggap diantara bunga-bunga untuk mengambil serbuk sari.

BAMBU dan KELAPA

Bambu, banyak terdapat di desa. Tanaman ini seperti rumput raksasa yang cepat dapat menyebar. Bambu membutuhkan air dan sinar matahari yang cukup. Orang memanfaatkan bambu untuk berbagai-bagai kebutuhan. Tanaman ini mempunyai bagian-bagian yang semuanya berguna, dari batang daun hingga akarnya.

Orang me
nggunakan bambu yang sudah tua untuk berbagai-bagai keperluan karena batangnya yang tahan air dan panas. Dari membuat rakit, atap rumah, dinding rumah (bambu yang di anyam /gedhek) sampai dengan daunnya untuk membungkus makanan. Rimpang bambu atau rebung dapat dimanfaatkan untuk membuat sayur yang lezat dan bergizi.

KELAPA tumbuh menyebar di seluruh Indonesia. Banyak tumbuh didaerah pantai, dan seperti bambu, semua bagian di tanaman ini mempunyai kegunaan. Dari batang, daun, hingga buah kelapa.

Pohon kelapa dapat tumbuh tinggi hingga mencapai 10 – 12 meter, dan biasanya orang memerlukan keahlian khusus untuk memetik buahnya.

KAKTUS

Tidak seperti bambu yang membutuhkan banyak air, kaktus adalah tumbuhan yang kebanyakan tumbuh liar didaerah panas, dan gurun. Tanaman ini menyimpan air didalam batangnya. Tanaman kaktus tidak berdaun, akan tetapi seluruh batangnya dipenuhi duri untuk melindungi dari binatang pengganggu atau manusia.

Ada juga pohon yang tumbuh hingga berusia beratus-ratus tahun, sehingga tinggi dan lubangnya dapat dilalui mobil. Pohon-pohon ini kebanyakan tumbuh dihutan yang lebat. Hutan menyimpan banyak air untuk kehidupan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda