Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

4/27/2009

DI DALAM LAUT

DI DALAM LAUT

Di sadur dari Pustaka Dasar, Gramedia 1979


Banyak orang mengira dasar laut rata dan berpasir seperti pantai, sebenarnya tidaklah demikian.

Di dasar laut tidak banyak pasir. Dan permukaannya pun tidak rata. Disitu ada juga gunung, lembah dan tanah datar seperti didaratan.



Pulau yang nampak ditengah laut sering kali sebenarnya gunung, yang muncul ke permukaan laut.

Dasar laut banyak terdapat lembah yang amat dalam. Lembah-lembah itu mirip jurang didaratan. Jurang dalam laut itu dapat menelan gunung yang paling tinggi didunia.
Banyak hewan dan tumbuhan didasar laut.












Ada yang kecil sekali sehingga harus dilihat dengan mikroskop. Warna dan polanya bagus sekali. Hewan dan tumbuhan itu disebut plangton. Pada umumnya mereka hidup didekat permukaan air. Disitu ada sinar matahari yang mereka perlukan untuk membuat makanan mereka.


Hewan plangton yang sangat kecil itu tidak dapat membuat makanan sendiri, oleh karena itu mereka memakan tumbuhan plangton.








Baik plangton hewan maupun plangton tumbuhan menjadi makanan hewan yang lebih besar. Bahkan hewan yang paling besar seperti ikan paus makanannya plangton.

Ikan paus biru makanannya plangton. Mulutnya mirip saringan. Pada langit-langit mulutnya tumbuh jumbai.

Sehabis menghirup air, mulutnya dikatupkannya. Air itu mengalir ke luar sedangkan plangton terjaring dan tertinggal didalam mulut.

Ikan paus tidak termasuk jenis ikan, mereka bernafas seperti hewan darat. Kalau ikan paus menghembuskan nafas, air memancar keatas seperti semprotan.

Banyak ikan yang hidup didekat permukaan laut memakan plangton, seperti ikan tuna dan ikan haring.


Ikan langkau termasuk jenis ikan sebelah. Waktu muda seperti ikan pada umumnya, saat dia dewasa kepalanya tumbuh ke sisi sebelah sehingga kedua matanya tumbuh disatu sisi. Ikan langkau tumbuh didasar laut, ia berbaring pada satu tubuhnya sehingga kedua matanya disisi yang lain menghadap ke permukaan laut. Tubuh bagian atasnya berwarna, warnanya tidak selalu sama tetapi berubah-ubah sesuai dengan keadaan disekitarnya. Jika ditaruh di atas papan catur warnanya seperti papan catur menjadi hitam dan putih.

Di dasar laut hidup berbagai jenis tumbuhan dan hewan. Ikan pari yang berbadan pipih melayang-layang seperti burung yang sedang terbang. Kepiting bersembunyi dianatara rumput laut atau merangkak-rangkak dengan kedelapan kakinya. Bintang laut hidup didasar laut. Untuk berjalan dia menggunakan kaki hisapnya.

Dengan kedelapan alat pemegangnya, gurita menangkap hewan-hewan lainnya. Kalau ketakutan gurita menyemprotkan cairan yang menyerupai tinta. Dengan demikian ia terlindung dan dapat melarikan diri.


Bunga karang adalah hewan yang menyerupai tumbuhan. Bunga karang biasa kita gunakan untuk menggosok badan waktu mandi. Untuk mengambil bunga karang penyelam harus menyelam kedasar laut, dan selama itu mereka harus menahan nafas.

Tiram termasuk hewan bercangkok. Didalam cangkokkan nya terdapat lapisan yang sangat indah. Namanya lapis mutiara atau giwang. Jika cangkokannya kemasukan pasir, paris itu melukai tiram, Oleh karena itu ditutupnya pasir itu dengan lapisan mutiara agar menjadi licin. Dengan itu terjadilah mutiara. Tiram enak sekali rasanya, tetapi tiram yang mengandung mutiara harganya sangat mahal.

Dibagian laut yang paling dalam sekali keadaan selalu gelap. Disana terdapat ikan-ikan yang ganjil-ganjil. Ditempat itu tidak ada tumbuhan yang dapat hidup sehingga ikan-ikan itu saling memangsa. Karena tempat yang begitu gelap ikan-ikan itu membuat cahaya sendiri. Ada ikan yang mempunyai lentera dikepalanya, cahaya itu menarik ikan-ikan lain untuk mendekat sehingga terjebak dalam moncong yang telah terbuka lebar-lebar. Kamu dapat melihat gigi-giginya yang runcing. Ada pula yang memakan ikan yang lebih besar dari pada dia sendiri.


Bunga karang adalah hewan yang menyerupai tumbuhan. Bunga karang biasa kita gunakan untuk menggosok badan waktu mandi. Untuk mengambil bunga karang penyelam harus menyelam kedasar laut, dan selama itu mereka harus menahan nafas.

Para penyelam yang menyelam menggunakan tangki udara dan mengenakan topeng. Mereka bernafas melalui pipa udara. Mereka menggunakan sepatu katak agar dapat berenang lebih cepat. Dengan demikian mereka dapat menyusul ikan-ikan dan memotret mereka dengan kamera kedap air.

Ada juga para penyelam yang menyelam untuk mencari harta karun didasar laut. Mereka menggunakan peralatan selam khusus, dan punggungnya diberi timah hitam agar dapat tenggelam. Mereka mencari menemukan meriam perunggu didalam kapal-kapal yang karam. Kemudian menarik barang-barang keatas air.





Kapal-kapal yang tenggelam dapat diapungkan lagi. Mereka menutup tempat-tempat yang bocor dan menutup semua pintu rapat-rapat sehingga kedap air. Dengan demikian kapal tersebut menjadi kedap air. Kemudian air didalam kapal dipompa keluar dan udara dipompa kedalam sehingga kapal menjadi ringan dan dapat mengapun kembali ke permukaan.

Kapal untuk menyelam kedasar laut yang sangat dalam disebut bastikap. Awak kapalnya berada didalam ruangan berbentuk bulat, yang terletak dibagian bawah kapal. Mereka menerangi air disekitarnya dengan lampu sorot yang kuat. Mengera mengamati dan membuat film mengenai makhluk-makhluk dasar laut yang ganjil-ganjil itu. Bastikap dibuat dari logam yang sangat kuat, oleh karen aitu bastikap mampu menahan beratnya air yang menimpanya dari atas.

Dari laut kita mendapat ikan, garam dan rumput laut. Dari dasar laut kita menemukan batubara, gas, dan minyak bumi. Laut menjadi bagian yang sangat penting bagi hidup kita.


























































































































Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda