Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

4/30/2009

DI TEPI LAUT

Disadur dari Pustaka Dasar, Gamedia tahun 1978

Pantai adalah tempat perbatasan antara daratan dan laut. Ada bermacam-macam jenis pantai. Ada pantai berpasir. Ada yang berlumpur. Ada yang berbatu-batu karang yang terjal.

Bagian dasar pantai disebut pesisir. Berjenis-jenis tumbuhan dan hewan hidup di pesisir.

PASANG SURUT / PASANG NAIK

Tinggi permukaan laut berubah-rubah sepanjang hari. Perubahan permukaan air laut di sebut pasang. Dua kali sehari permukaan air laut naik. Air laut menggenangi pantai dan memecah batu karang. Ini disebut pasang naik.

Dua kali sehari permukaan laut turun dan pasang menghilang. Batu-batu karang dan ganggang dipesisir tidak digenangi air. Banyak hewan dan tumbuhan ditemukan pada waktu pasang surut.

Pantai tampak kosong bila pasang turun, tetapi sebenarnya tidaklah demikian. Banyak jenis hewan tertimbun didalam pasir. Mereka membenamkan diri untuk menghindari terik matahari.

SIPUT, CACING, UDANG, UBUR-UBUR DAN KETAM

Siput dan cacing tanah dapat mengubur diri dengan cepat di dalam pasir.

Bila pasang surut, genangan air dan tumbuhan, membenamkan diri didalam lumpur.

Udang dan ketam, mungkin tertinggal didalam genangan air pada waktu pasang surut. Ketam kacang adalah ketam kecil yang tempat tinggalnya didalam kulit kerang yang sudah mati. Makanannya adalah bangkai udang dan ikan.

Beberapa jenis bunga dan tumbuhan karang tumbuh dibatu karang. Banyak burung yang bersarang di lereng bukit karang. Ada pula yang tumbuh diantara batu-batu.

Mudah sekali menemukan berbagai-bagai hewan kecil yang hidup diantara batu karang, Mereka juga bisa membenamkan diri diantara bebatuan karang.

Seperti hewan kepah, hewan ini mempunyai pintu perangkap, diantara batu karang, dia akan menjulurkan kaki-kakinya yang panjang untuk menangkap mangsanya.

Ini adalah sejenis ganggang merah yang hidup dibebatuan karang. Ada juga ganggang yang berwarna hijau dan kelabu.

Keong dapat juga ditemukan diantara batu karang. Saat pasang surut keong-keong itu bersembunyi diantara batu karang atau didalam ganggang laut.

Beberapa jenis ikan, seperti ikan glodok, ikan ketonggeng, ikan karang mungkin tertinggal digenangan air pada saat air surut. Mereka bersembunyi diantara ganggang laut. Mereka akan lari bila kita mencari diantara ganggang laut.

Ada juga keong yang melekat dibatu, seperti keong limpet.

Umang-umang berbeda dengan kepiting lain. Mereka tidak mempunyai cangkok. Hidupnya dalam cangkok keong yang sudah mati.

Kepiting laba-laba memiliki kaki yang amat panjang dan kecil. Hidupnya dipantai yang berbatu.

Anak rajungan hidup dipantai pada musim panas. Kalau musim dingin mereka pindah ke laut yang lebih dalam tempat rajungan dewasa hidup.

Cacing-cacing laut seperti cacing Spirorbis hidup dalam tabung-tabung kecil pada ganggang laut. Tabung-tabung itu tampaknya seperti lingkaran putih pada kulit ganggang laut.

Kita sering kali tidak dapat melihat cacing-cacing itu karena mereka hidup di dalam tabung-tabung atau di atas batu-batu.

Ubur-ubur mengapung dipermukaan laut dan menangkap mangsanya dengan lengan-lengannya yang panjang. Ada juga ubur-ubur yang menyerupai kapal perang, karena sebenarnya ini adalah sekelompok ubur-ubut yang bergabung bersama-sama. Mereka mempunyai sengat yang sangat berbisa.

Bintang laut dan bintang laut sikat hidup didasar laut. Kadang-kadang mereka juga terdampar dipantai. Bulu babi juga hidup didalam laut. Mereka merayap menggunakan kaki-kakinya.

Beberapa jenis burung seperti camar, ganet, mandar hidup di pantai. Kadang mereka terbang tinggi dan menukik ke laut untuk menangkap ikan. Mereka mengembangkan sayapnya supaya cepat kering.

Banyak cangkang siput, keong, dan kulit kerang yang terhempas ke pantai. Jumlah dan jenisnya banyak sekali. Kita dapat membuat hiasan dari kulit siput dan keong.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda