Pengetahuan Sains Sekolah Dasar - Elementary Science

Sebuah Pengetahuan Dasar Tentang Lingkungan, Tanaman dan Hewan untuk Anak Sekolah Dasar

4/23/2009

Labah - labah

LABAH – LABAH

Disadur dari Pustaka Dasar, Gramedia 1979

Labah-labah hidup diseluruh dunia. Jumlahnya ada ribuan. Ada yang sangat besar, ada yang sangat kecil sehingga tidak kelihatan.

Banyak orang mengira bahwa semua labah-labah membuat sarang untuk menangkap mangsanya. Tetapi kenyataannya tidaklah demikian. Ada labah-labah yanh hidup ditanah, dan hanya keluar kalau mencari makan. Ada yang hidup didalam rumah. Ada yang bersembunyi didalam bunga-bungaan, Bahkan ada yang tinggal didalam air.

Ini adalah gambar labah-labah pohon. Kakinya ada delapan. Seperti semua lazimnya labah-labah, badannya terdiri dari dua bagian,




yaitu bagian dada dan bagian perut. Diantara dada dan perut terdapat pinggang. Pada ujung perutnya terdapat kelenjar benang, membuat. Dengan kelenjar benang itu labah-labah membuat sarangnya. Semua labah-labah menghasilkan sejenis benang.
Pada umumnya labah-labah mempunyai mata lebih dari dari dua buah. Namun penglihatan mereka kurang baik. Kebanyakan labah-labah melihat dengan jelas jalan mereka

Mereka merasa dengan kaki dan perutnya. Mereka mempunyai rahang bisa, untuk menggigit dan meracuni mangsa mereka. Beberapa jenis labah-labah mempunyai cakar berbentuk sisir pada ujung kakinya. Sisir itu untuk merapikan benang yang dihasilkan oleh kelenjar benang.

Kamu tentu pernah melihat sarang-labah-labah dikebun. Sarang itu dimulai dengan sehelai benang saja. Mula-mula dibuat kerangkanya, selanjutnya si labah-labah kembali ke benang teratas itu, lalu membuat simpul lalu menjatuhkan diri ke benang yang terbawah. Kemudian dia kembali lai dan mengikatkan sehelai benang lagi dan ditarik pada pusat kerangka, lalu dari situ ditarik garis. Demikian seterusnya sampai menjadi sebuah sarang labah-labah yang indah. Setelah itu ditaruhnya benang-benang yang lengket, benang yang lengket itulah sarang sesungguhnya.


Jika seekor serangga terjerat ke dalam sarang, tentu ia akan berusaha keras melepaskan diri, sehingga mengguncang-guncang sarang tersebut, sedemikian seperti telepon sehingga sang labah-labah tahu dan segera datang mengikat dan membunuh mangsa dengan bisanya. Jika kebetulan lapar sekali, mangsa tersebut langsung dimakannya, jika tidak disimpan untuk kemudian hari.





Ada juga sarang yang berbentuk corong. Sang Labah-labah menunggu dibawah corong, untuk menunggu mangsa yang terperosok dedalamnya, baru kemudian memakannya.

Labah-labah rumah, sering tinggal di garasi atau di gudang. Juga disudut-sudut k
amar dan dibelakang lukisan. Biasanya labah-labah rumah membuat sarang yang berupa onggokan benang dan tidak teratur bentuknya. Saat ada mangsa yang terjerat, dia segera lari menangkapnya.

Labah-labah terbesar diInggris adalah labah-labah kardinal. Sarangnya mirip dengan sehelai kain yang lebar, dan selalu memilih tempat didalam rumah. Menurut ceritanya, sua
tu hari labah-labah besar merayap dilantai istana Kaldinal WOsley, melihat labah-labah sebesar itu Kardinal terkejut, itulah sebahnya labah-labah itu dinamai labah-labah kardinal.

Labah-labah pemburu umumnya tidak membuat sarang, mereka tinggal didalam lubah didalam tanah. Mereka hanya keluar kalau mau berburu. Sang betina bertelur didalam kepompong yang terbuat dari benang halus. Kepompong itu dibawa kemana-mana. Sesudah telur-telur itu menetas, anak-anak mereka naik ke punggung induknya. Jumlahnya kira-kira dua ratus ekor. Kurang lebih enam bulan kemudian mereka turun lagi dan membuat benang-benang halus. Benang-benang itu tertiup angin, membawa mereka serta ke tempat tinggal yang baru.













Labah-labah kepiting pandai sekali menangkap mangsanya. Mereka menangkap mangsa dengan bersembunyi diantara bunga-bungaan. Kebanyakan mangsa mereka adalah serangga penghisap madu. Serangga tidak dapat melihat mereka karena warna labah-labah yang hampir sama dengan bunga, jadi terlihat labah-labah itu bagian dari bunga.
Kalau diperhatikan labah-labah kepiting berjalan miring seperti kepiting, bahkan mundur. Labah-labah sering juga dimangsa hewan lain. Tetapi labah-labah tidak suka memakan semut karena bau mereka yang tidak enak. Kadang-kadang labah-labah juga berpura-pura berjalan seperti semut untuk mengelabuhi mangsanya.


Ada jenis labah-labah yang membuat sarang
seperti terowongan didalam tanah. Sarang tersebut tidak mempunyai pintu jadi kalau ada mangsa yang tersesat sang labah-labah sudah menunggu di dalamnya.













Labah-labah yang terbesar adalah labah-labah burung, besarnya hampir sebesar telapak tangan orang dewasa. Labah-labah ini umumnya hidup di Amerika Selatan, mereka mampu membunuh binatang-binatang kecil seperti tikus dan burung. Tubuhnya tertutup dengan bulu, jika terkena bulu itu rasanya sakit sekali.

Ada juga labah-labah yang hidup didalam air. Labah-laba tidak memakai tangki logam, dia menggunakan gelembung air untuk bernafas didalam air. Jika udara dalam gelembung sudah mau habis labah-labah kembali ke permukaan untuk mencari gelembung udara yang baru.

Labah-labah air membuat sarang didalam air. Mula-mula sarang dari benang, kemudian dimasukkan gelembung udara. Mereka memangsa berudu dan serangga kecil.

Labah-labah jarang sekali menggigit manusia, kalaupun menggigit, gigitannya tidak berbahaya. Labah-labah yanh berbahaya adalah labah-labah hitam, dari Australia, di sebut si punggung merah atau Jockey.


Ada juga labah-labah yang hidup didalam air. Labah-laba tidak memakai tangki logam, dia menggunakan gelembung air untuk bernafas didalam air. Jika udara dalam gelembung sudah mau habis labah-labah kembali ke permukaan untuk mencari gelembung udara yang baru.

Labah-labah air membuat sarang didalam air. Mula-mula sarang dari benang, kemudian dimasukkan gelembung udara. Mereka memangsa berudu dan serangga kecil.

Labah-labah jarang sekali menggigit manusia, kalaupun menggigit, gigitannya tidak berbahaya. Labah-labah yanh berbahaya adalah labah-labah hitam, dari Australia, di sebut si punggung merah atau Jockey.

Katak dan kodok suka sekali memakan labah-labah, dan mereka memakannya banyak sekali.

Kalajengking masih termasuk keluarga labah-labah. Umumnya mereka tinggal didaerah kering, Mereka lebih berbahaya dari labah-labah. Ekornya panjang dan melengkung. Pada ujungnya terdapat sengat yang sangat berbisa. Ada kalajengking yang dapat membunuh manusia dengan bisanya, cakarnya besar-besar dan mereka dapat lari kencang.




Angga-angga juga termasuk keluarga labah-labah, tetapi tidak membunuh mangsanya dengan racunnya seperti labah-labah.


Caplak dan kutu juga sebangsa labah-labah. Hewan kecil-kecil ini termasuk jenis hama. Ada yang memakan hewan lain, ada yang menyebarkan penyakit, merusakkan pohon dan tanaman.













































































































































































Label:

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

Link ke posting ini:

Buat sebuah Link

<< Beranda